Jumat, 02 Juli 2010

BEBERAPA TEKNIK BASS

Dalam bermain Bass kita membutuhkan tehknik-tehknik tertentu agar permainan kita dapat menyesuaikan permainan kita dengan lagu yang sedang kita iringi. Permainan Bass mempunyai bermacam-macam tehknik, dan tehnik -tehknik nya adalah :

- Fingering

Tehknik Fingering adalah cara klasik dimana jari tengah dan jari manis tangan kanan merapat, pada tangan kiri kita gunakan untuk bagian atas neck dengan posisi jari-jari merenggang. Tehknik ini membuat kelingking tangan kanan menjadi tidak efektif, sehingga fungsi kelingking digantikan oleh ibu jari.

- Walking Bass

Dalam tehknik Walking Bass pemain dituntut untuk bermain stabil tampa terputus-putus. Walking Bass dapat kita lakukan dengan petikan yang dilakukan dengan menggunakan dua atau tiga jari tangan kanan. Tehknik Walking Bass biasanya di gunakan dalam corak musik Jazz.

- Bermain Chords

Melalui tehknik bermain chords memungkinkan si pemain dapat bermain solo Bass, arpeggio atau chord. Dalam kelompok tampa piano Double stops atau Tripple stops sering digunakan.

- Bowing

Tehknik ini membutuhkan keterampilan sang pemain agar menghasilkan dengan tekstur yang lebih kaya dengan cara dengan menggesek atau bowing terutama untuk nada yang ditahan dalam tempo lambat.

- Slapping

Dalam memainkan Bass elektrik kita mengenal tehknik Slapping yaitu dengan mendentingkan senar dengan ibu jari tangan kanan dan pada saat yang bersamaan jari yang lain menarik senar keatas.

1 komentar: